Methapor merupakan suatu teknik ethnography dalam riset kualitiatif. Pioner sekaligus penemu metode ini adalah Gerald Zaltman. Karena sang empunya bernama Zaltman, metode ini juga dikenal dgn idiom ZMET (Zaltman Metaphor Elicitation Method).
Methapor bisa menjadi alternatif untuk membackup kelemahan teknik Focus group discussion (FGD). Teknik FGD kadang-kadang kurang cocok untuk kasus-kasus tertentu, contoh: untuk Product test atau evaluasi suatu produk.
Apalagi untuk topik-topik yang berkaitan dengan hal-hal yang sensitif dan tabu, Responden lebih memilih diam dan cenderung akan berbohong. Untuk kasus-kasus seperti ini, lebih baik menggunakan teknik Methapor. Methapor memberikan deeper result dan tajam sekaligus dapat menangkap customers' hidden behavior. Kenapa hasilnya lebih tajam ? Karena metode ini mengkondisikan responden lebih natural dan bebas mengekspresikan needs & experiencesnya.
Sebagai pelengkap, Artikel dibawah ini mungkin bisa lebih menambah referensi kita.
Buku referensi untuk methapor : How Customers Think By Zaltman.
Methapor bisa menjadi alternatif untuk membackup kelemahan teknik Focus group discussion (FGD). Teknik FGD kadang-kadang kurang cocok untuk kasus-kasus tertentu, contoh: untuk Product test atau evaluasi suatu produk.
Apalagi untuk topik-topik yang berkaitan dengan hal-hal yang sensitif dan tabu, Responden lebih memilih diam dan cenderung akan berbohong. Untuk kasus-kasus seperti ini, lebih baik menggunakan teknik Methapor. Methapor memberikan deeper result dan tajam sekaligus dapat menangkap customers' hidden behavior. Kenapa hasilnya lebih tajam ? Karena metode ini mengkondisikan responden lebih natural dan bebas mengekspresikan needs & experiencesnya.
Sebagai pelengkap, Artikel dibawah ini mungkin bisa lebih menambah referensi kita.
Buku referensi untuk methapor : How Customers Think By Zaltman.
0 comments:
Posting Komentar