Analisis Faktor dan Contoh Perhitungan

Sabtu, Mei 30, 2009

Analisis faktor adalah alat analisis statistik yang dipergunakan untuk mereduksi/mengurangi data (data reduction) dengan meminimalkan informasi yang hilang atau untuk mendeteksi struktur hubungan antar variabel.

Mereduksi Data (Data Reduction)

Dengan menggunakan analisis factor, kita dapat menemukan factor-faktor (disebut juga dimensi ataupun komponen) yang dapat mewakili variable-variabel yang asli. Misalkan kita memiliki 15 variabel yang mempengarungi persepsi konsumen. Ke-15 variabel ini dapat dijadikan menjadi beberapa factor baru yang mewakili ke-15 varibel asli tadi, dengan catatan informasi yang hilang
minimal. Bisa pula beberapa variable diwakili factor, sementara variable yang lainnya tetap dalam bentuk aslinya. Dalam banyak penelitian, kita tidak tahu variable-variabel mana yang bisa ditautkan sebelum melakukan analisis factor.

Mendeteksi Struktur Hubungan Antar Variabel

Analisis factor dapat digunakan untuk mengidentifikasi struktur hubungan antar variabel ataupun antar responden. Dengan melihat korelasi antar variable kita bisa mengetahui dimensi-dimensi laten lain yang mendasari. Misalkan, kita memiliki variable pekerjaan, pendapatan, dan kekayaan dapat disatukan menjadi dimensi “Kelas Sosial”. Namun, tidak selalu mudah untuk menemukan dimensi - dimensi laten kalau belum ada teori yang melandasinya. Analisis factor dapat membantu kita untuk menemukan dimensi-dimensi yang mendasari sejumlah variable.


Untuk lebih detail dapat didownload gratis => klik disini (via Sharecash) or klik disini (via Ziddu)

0 comments: